Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan yang dilakukan akan lebih enak kalo bisa membuat kamu lupa waktu dan tidak lupa diri. Selain jalan-jalan lucu, melihat-lihat cemilan untuk berbuka, menonton film juga bisa jadi referensi kegiatan ngabuburit loh. Tapi jangan asal pilih film! Pastikan film yang kamu nonton bikin kamu lupa waktu dan tidak menguras energi, dan tentunya tidak mengganggu ibadah kamu. Ini dia yang jenis film sebaiknya yang jangan kamu tonton.

1. Sci-Fi

Film yang ngajak kamu untuk berpikir out of the box, atau mereka-reka dan menuntut imajinasi seperti film Sci-fi pasti bikin badan kamu jadi capek. Apalagi kalau kamu anaknya teknologi dan update banget, pasti makin fokus dan pengen bisa nebak apa yang terjadi. Walaupun gak nonton sambil angkat beban, tapi berpikir juga bikin lelah, dan berpengaruh juga ke fisik. Akhirnya, puasa kamu jadi gak semangat deh.

2. Action 

Hampir mirip dengan Sci-fi, film action juga sering kali bikin yang menonton berpikir keras. Belum lagi ketegangan yang didapat di film action, menguras energi. Action juga biasanya dipadukan dengan drama atau komedi yang memainkan emosi si penonton. Cobaan puasa kah ini?

3. Drama/ Romance

Film yang paling berat untuk dikonsumsi selama puasa ya film drama, karena isinya cinta-cintaan, padahal bulan puasa harus menjaga hati. Isi film drama kalau gak romansa yang bikin iri, ya cerita yang bikin nangis. Puasa bisa batal nih kalo air mata keminum. Ditambah lagi, film romance drama luar negeri biasanya ada adegan yang terbuka-terbuka gitu, bahaya!

4. Bollywood

Walaupun cinta-cintanya mungkin gak se-vulgar film Amerika, tapi film Bollywood punya ujiannya sendiri. Film ini biasa diselingi dengan nyanyian dan tarian. Wanita-wanita dengan body yang aduhai, menari-nari dengan indahnya, dan suara yang bagus. Mengundang hawa nafsu, sama bahayanya! Ditambah lagi, filmnya bisa makan waktu 3 jam. Bisa lewat buka puasa nih!

5. Comedy

Menghibur dan bikin kamu lupa waktu sih karena filmnya yang fun. Tapi, film comedy yang fun itu bikin kamu ketawa. Selain makan banyak energi, ketawa berlebihan bisa bikin semakin haus dan juga bikin perut kamu sakit. Ya sakit karena lapar, sakit juga karena ketawa. Jadi kombinasi pembatal puasa deh.

6. Horor/ Thriller

Kategori film yang satu ini paling bisa bikin kamu terkejoed. Tentunya ketakutan dan rasa ngeri bisa menguras energi juga. Makanya jangan ditonton. Apalagi film ini menceritakan tentang setan, bisa melemahkan iman kamu loh kalo gak kuat.

Lho, ini sih semua genre film ya? Kalo begini sih, mendingan gak usah nonton film. Mendingan ngebuburit tuh diisi dengan kegiatan yang lebih positif dan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan. Yuk top up pahala kamu di bulan yang suci ini!