Sebelum kita bahas lebih lanjut, mari kita telaah dulu arti kata “Spoiler”. Dari arti katanya sendiri “spoil” adalah merusak, memanjakan, mengganggu, merampas, membuat busuk, menjadi basi, dan banyak lagi turunan dari kata tersebut, tapi umumnya masyarakat Indonesia memahami “spoiler” dengan arti membocorkan isi film. Sebenarnya kita semua udah tau kalo spoiler adalah hal yang buruk, dari keseharian yang kita alami, dan juga kata “bocor” memang terasa negatif.

Artikel ini sendiri bertujuan untuk kebaikan bersama, bagi yang gak suka kena spoiler, maupun suka spoiler. Kenapa? Karena MBDC mau kasih tau dampak-dampak yang bisa terjadi kalo kamu melakukan spoiler atau membocorkan isi film. Kali-kali aja abis baca, bakalan bikin yang suka spoiler jadi tobat. Yuk nyimak!

1. Merusak Kebahagiaan Orang Lain

Bermaksud ataupun gak bermaksud, membocorkan isi film itu bisa merusak kebahagiaan orang lain, khususnya orang-orang yang menunggu-nunggu film tersebut. Kita ambil contoh aja Avengers: Endgame atau Game of Thrones yang masih hot-hot nya. Ini kan massive project yang dinanti-nantikan banget. Kebayang dong seberapa kecewanya para fans kalo sampe kena spoiler sebelum nonton?

2. Diomongin Orang

Tentu saja karena hal yang gak baik. Berdasarkan pengamatan MBDC, membocorkan isi film sebenarnya untuk kepuasan dan kesenangan diri sendiri, mungkin karena senang karena terlihat paling update dan paling ngerti, atau senang melihat ekspresi kesal dari temannya. Sadar gak sadar hal ini membuat si tukang spoiler jadi terlihat angkuh akan ke-mahatahu-an nya. Alhasil, jadi diomongin orang deh.

3. Di-Unfollow

Spoiler yang paling umum ya di sosial media. Karma paling instan yang bisa diterima tukang spoiler ya berkurangnya followers. Hal ini bisa bikin followers kecewa, gak respek dan males follow jadinya. Contohnya kayak LeSean McCoy. Pemain Football Amerika ini dihujat para netizen sesudah membocorkan akhir dari Avengers: Endgame. Bukan hanya di unfollow, banyak netizen yang minta akunnya di suspend ke Twitter, bahkan minta dia di skors dari NFL (National Football League). Ternyata Spoiler bikin karier terancam ya.

4. Digebukin

Mungkin gak semua teman si tukang spoiler ini darah tinggi, tapi bisa aja kena gebuk kayak si kokoh dari Hong Kong ini nih misalnya, yang terlalu excited setelah nonton dan gak sengaja nge-spoiler Endgame sesaat, setelah keluar dari bioskop.

Padahal gak sengaja, tapi aksinya ternyata membuat pengunjung yang lain kesel, dan akhirnya digebukin dia. Setelah peristiwa itupun para warganet masih berkomentar “dia baru saja mendapatkan ganjarannya” Udah jadi korban kekerasan, gak dibelain lagi. Kasian kan?

5. Dipidana

Salah satu hal yang biasa dilakukan tukang spoiler adalah merekam film untuk dibagikan di Instastory. Tahukah kamu kalau hal ini termasuk pembajakan karya dan bisa dipidana. Ada hukumnya lho. Jadi, mending jangan deh ya!

Spoiler umumnya memang soal film, tapi gak hanya itu, bisa juga seputar serial TV, buku, pentas seni, soal ujian, dan lain-lain. Eh tapi, filmnya juga bukan hanya Endgame yang gak boleh ya, tapi semuanya. Yuk share ke sosial media kamu, agar orang-orang lebih aware tentang fenomena ini. Mari kita cegah spoiler sedini mungkin!