Momen merdeka bukan cuma milik sebagian orang, tapi milik bangsa, milik seluruh warga negara, dari tua juga anak muda, termasuk anak kost. 

Ya, namanya juga anak kost, tinggal sendiri, jauh dari orangtua, kehidupannya selalu terbatas, dari jam keluar masuk kosan yang dibatesin sampe jumlah uang kiriman juga terbatas. Hal-hal ini yang membuat mereka ngerasa terjajah dari kehidupan yang serba terbatas. 

yang pengen merdeka

Meski demikian, anak kost selalu nemuin momen-momen dimana mereka ngerasa merdeka. Momen ini yang mungkin gak pernah terpikirkan sebelumnya sama kamu yang juga ngekost, tapi itu sering kejadian. 

Nah pengen tau merdekanya anak muda yang ngekost itu kaya gimana? Nih coba simak ya

1. Dapet kiriman akhir bulan

Anak kost kalo dapet kiriman akhir bulan itu udah senengnya bukan main. Tau sendiri kan kalo akhir bulan itu miskinnya anak kost kaya gimana

2. Nemu duit di celana

Nemu duit celana mungkin buat kamu yang udah kerja kaya biasa aja. Cuma buat anak kost, nemu duit di celana, apalagi pas akhir-akhir bulan pas cekak-cekaknya itu adalah hal yang patut disyukuri, kaya kemerdekaan aja. 

3. Nemu mi instan

Mungkin gak sebesar nemu duit, cuma kadang kalo udah akhir bulan nemu mi instant satu aja itu udah puji syukur banget. Bukan apa-apa, kadang buat makan aja kalo akhir bulan ya kudu ngutang sama warung depan kost atau minjem duit temen. 

4. Gak jadi hujan pas jemuran lupa diangkat

Buat anak kostan yang tipe kostnya kamar trus depannya halaman terbuka gitu, persoalan jemuran basah karena ujan sering jadi masalah. Ini cuma gara-gara anak kostnya lupa ngangkat jemuran karena ketiduran atau pas di luar kost. Nah, ada momen dimana pas anak kost lupa ngangkat jemuran, langit mendung parah, tapi gak jadi hujan. Itu merdeka banget, kaga perlu nyuci lagi, kaga keluar duit buat beli sabun cuci. 

5. Pindah kamar ke kamar yang kamar mandinya di dalem

Kondisi kamar yang gak seberapa emang jadi masalah buat anak kost. Apalagi kamar kost yang kamar mandinya di luar, males banget tiap hari kudu ngantri kalo mau mandi. Makanya, ketika ada saat dimana ada anak kost yang mau pindahan padahal sisa kostnya masih panjang dan ia udah keburu bayar, eh dia nawarin kamu buat pindah ke kamarnya yang lebih luas dan kebetulan ada kamar mandinya di dalem. 

6. Pulang malem kostan gak digembok

Pulang malem pager digembok itu selalu jadi masalah klasik. Ya, salah anak kostnya sendiri sih kenapa pulangnya malem. Tapi ketika suatu kali anak kost pulang malem udah stres pager kost bakal digembok, eh ternyata gak digembok. Merdeka banget!

7. Dipinjemin duit temen kost 

Duit emang selalu jadi masalah klasik anak kost. Cekaknya keuangan pas akhir bulan jadi momok yang sebisa mungkin dihindari anak kost yang emang gak bisa hemat kehidupannya. Akhir bulan selalu aja cekak. Nah, ketika ada temen kost yang baik meminjamkan duit tapi ngembaliinnya santai aja, wah itu merdeka banget sih rasanya. 

Nah, buat kamu anak kost yang pernah ngalamin ini, selamat kamu sudah merdeka.