1. Dibanding-bandingin

Mulai dari guru, temen, sampe gebetan kamu semuanya pasti bakal bikin perbandingan antara kamu dan si kakak. Cakepan dia lah, pinteran dia lah, lebih baik dia lah, semua aspek deh dibanding-bandingin! Jadi berasa kayak lagi pemilihan gubernur aja semuanya dibanding-bandingin.

2. Dimintain Duit

Mungkin gak jarang juga kamu bakal ngerasain dipalak sama kakak sendiri, meski mintanya bukan kayak tukang palak sih. Biasanya tuh ada aja alesannya, misalnya dia lagi pengen makan tapi duitnya abis, kan mau gak mau kamu jadi ngasih tuh. Padahal mah duitnya paling dipake buat main billiard sama temennya.

3. Rebutan Gebetan

Kamu jadi harus extra hati-hati kalo punya gebetan di sekolah, soalnya selain bisa ditikung temen, kamu juga bisa ditikung sama kakak sendiri. Kan gak enak kalo gebetan kamu main ke rumah tapi buat ketemu sama kakak kamu. Udah gitu kalo hubungan mereka lancar sampe nikah, kamu bakal jadi adik iparnya mantan gebetan kamu. Duh sedih banget sih.

4. Dikerjain Sama Temennya

Namanya senior pasti suka rese ke juniornya, apalagi kalo senior itu temen-temennya kakak kamu, wah pasti lebih rese lagi, apalagi kalo kakak kamu juga rese. Kamu bakal sering jadi sasaran bulan-bulanan mereka.

5. Gak Bisa Bebas

Semua gerak-gerik kamu pasti bakal dipantau banget sama kakak kamu. Kebandelan-kebandelan kamu bakal dijadiin ancaman yang bakal dia aduin ke mamah kamu untuk nutupin kebandelan dia sendiri. Pokoknya kamu bakal ngerasa gak adil deh.

6. Dinasihatin

Karena ngerasa lebih banyak pengalaman, kakak kamu pasti bakal banyak ngasih nasihat atau informasi seputar sekolah kamu yang gak penting, biar kamu nganggep dia berwawasan luas aja kali. Misalnya “Bu Siti kalo gak pake kacamata, gak bisa liat loh.” Ya iyaa laahhh toong, makanyee die pake kacamata!

7. Bikin Malu

Ya kalo kakak kamu jadi senior kamu di sekolah, mungkin kamu gak bakal malu sih. Tapi kalo udah satu sekolah, sekelas pula, kamu malu gak punya kakak kayak gitu?

Ya intinya sih kamu harus akrab sama kakak kamu kalo gak mau ngerasain hal-hal di atas. Malah ada enaknya juga, bisa nebeng pulang, bisa bantuin kalo kamu diapa-apain sama senior yang lain, bisa digemesin sama temennya yang cewek, banyak lah. Menurut kamu gimana? Enak gak satu sekolah sama kakak sendiri?