Vandalisme memang bisa terjadi di mana saja. Begitu juga keberadaan turis yang sering kali tak peduli lingkungan dan sering berbuat seenaknya. Di Indonesia, kita sering mendengar perusakan yang terjadi pada karang di Raja Ampat, pada padang rumput di Gunung Semeru, dan lain-lain.

Yang terbaru, aksi merusak ini terjadi di negara yang terkenal dengan auroranya, yaitu Islandia. Ada saja ulah turis yang membuat tulisan tak pantas di perbukitan di Taman Nasional Thingvellir yang berjarak sekitar setengah jam dari Reykjavik.

Berita ini tersebar setelah seorang pemandu lokal bernama Gunnar Birgisson mengunggah foto bukti perbuatan tersebut di laman grup lokalnya. Bukan hanya satu tulisan, ada beberapa tulisan dibuat di atas perbukitan yang ditumbuhi lumut itu. Mulai dari tulisan 'LIFE' hingga 'SEND NUDES.'

Parahnya lagi, hal ini kabarnya dimulai oleh warga lokal sendiri beberapa tahun silam. Saat itu pelaku membuat tulisan namanya. Yang kemudian ditiru oleh turis lain yang berdatangan ke sana. Birgisson berharap dapat dibuat peraturan secepatnya untuk mengatasi masalah ini agar tidak terulang lagi.

Setuju! Buat kamu para traveler, jangan sampai suka mencoret-coret di batu, pohon, karang, ataupun benda lainnya di alam sekitarmu, ya. Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi?

Baca Ini Juga

Sumber