SMA adalah masa terakhir buat kamu pake seragam. Eh belum tentu deh, kalau nanti kamu jadi PNS atau kerjaan kamu mengharuskan menggunakan seragam, ya berarti kalimat pertama gak berlaku. Tapi sebenernya bukan itu sih intinya, MBDC cuma mau membahas perubahan gaya seragam SMA dari masa ke masa tapi khusus seragam cewek aja. Soalnya kalau ngomongin seragam cowok pasti kamu gak tertarik deh. Udah ngaku aja.

Di mulai dari tahun 80-an. Saat itu ada sebuah film Indonesia bertema remaja SMA. Apalagi kalau bukan Gita Cinta dari SMA.
Dari film ini kamu bisa melihat seragam SMA yang dipake Ratna (diperankan Yessi Gusman) dan temen-temennya, yang kemungkinan besar sih ini cerminan gaya berseragam cewek-cewek SMA di masa itu, ya kayak gini:

  • Kemejanya kelihatan besar banget sampe sikut.
  • Roknya panjang sampe menutup lutut dan dipakenya pas di perut.
  • Kaos kakinya juga panjang hampir sampe ke dengkul.
Dengan kata lain bener-bener mengutamakan kerapihan lah di era retro itu. Nah, bisa jadi nih jaman itu jarang atau malah pihak sekolah belum kepikiran sama sekali menggelar razia seragam ya. Abis pakaian anak muridnya sopan-sopan banget. Sekarang lanjut, saat jelang awal tahun 90-anSebenernya gak terlalu siginifikan sih dengan tahun 80-an:
  • Roknya tetep di bawah lutut.
  • Kemejanya juga masih gombrong dan tetep dimasukin. Tujuannya selain rapih, kayaknya sih biar ikat pinggangnya kelihatan juga.
  • Pake ikat pinggang kayak jadi hal wajib.
  • Kaos kaki lebih pendek, kira-kira semata kakilah. Mungkin di jaman itu emang lebih ngetren kayak gini:
Tuh lihat kan cara berseragamnya sama semua. Gak tau juga sih apa mereka satu geng, makanya gayanya sama. Tapi dibanding era sebelumnya, penampilan cewek-cewek SMA saat itu lebih kelihatan tomboy ya dengan kaus kaki pendek dan sepatu kedsnya.
Terus gimana di era milenium? Masuk tahun 2000-an, mulai banyak muncul film-film Indonesia berlatar anak SMA. Dimulai dari Ada Apa Dengan Cinta, Catatan Akhir Sekolah, Virgin, Dealova, dan Ekskul. Begitu pun sama sinetron-sinetronnya, kayak Lupus MileniaCinta SMU, Kawin Gantung, (yang maen Didi Riyadi sama Natalie Sarah).
Nah, itu semua lumayan ngasih perubahan ke cara berseragam anak SMA di awal tahun 2000-an. Gimana cewek-cewek SMA saat itu seragamnya udah gak gombrong lagi, tapi lebih ngepas di badan. Terus jarang dimasukkin ke dalam rok pula. Roknya udah naik di atas lutut. Tapi kalau kaos kakinya saat itu balik panjang lagi nih, persis kayak Cinta dan kawan-kawannya.
Gak cuma serba pendek (kecuali kaos kaki), tren kancing atas lepas satu juga digandrungi sama cewek-cewek SMA. Walaupun gak semua anak sekolah kayak gini sih, tapi hampir sebagian besar lah.

Ya, bisa dibilang anak-anak SMA waktu itu udah mulai bandel melawan peraturan sekolah yang mengharuskan pake seragam rapi. Gak heran kalau akhirnya pihak sekolah jadi sering banget gelar razia seragam.

Nah, mungkin gara-gara banyak siswi yang mulai melanggar aturan, terus sekolah juga pusing karena merasa tanggungjawab jagain anak didiknya dari pelecehan. Akhirnya beberapa sekolah dan sekarang udah semua sekolah (kayaknya) mengganti aturan baru dengan rok pendek jadi rok panjang. Sementara kalau kemeja sih gak ada perubahan, lengannya masih tetep pendek, di atas sikut.

Sebenernya buat anak murid, dengan pake rok panjang kayak gini dia jadi bisa duduk bebas, tanpa khawatir dalemannya kelihatan kan. Tapi dasarnya anak sekolah, masih aja aturan ini dilanggar. Seragamnya jadi dimodif sedemikian rupa.

Harusnya yang diharapin ibu bapak guru kayak gini:

Malah dibikin jadi begini: roknya dinaikin jadi tujuh perlapan (cuma sampe betis), terus diketatin pula sampe kelihatan lekuk tubuhnya.
Alhasil karena saking ketatnya, jadi gampang sobek di bagian belakang atau samping. Tapi konon ada juga yang milih ngasih resleting di bagian samping, biar bisa dibuka sewaktu-waktu.
Gitu deh, kira-kira perubahan seragam SMA Cewek dari masa ke masa. Emang sih ini bukan gambaran mutlak cara berseragam semua siswi SMA di Indonesia kok. MBDC cuma jabarin gaya yang ngetren aja di tiap eranya. Ya udah lah langsung komen aja di bawah.