Meski tidak semeriah tahun lalu, namun gelaran Record Store Day 2016 yang digelar Sabtu-Minggu (16-17 April) di Pasar Santa, jl. Cipaku, Kebayoran Baru berlangsung meriah. Mendadak pada dua hari tersebut lantai atas pasar santa berubah menjadi bazaar musik yang sangat ramai dipadati oleh tak kurangnya 2000 pengunjung.

Tiap kios dan gang terisi dengan lapak-lapak seru yang menjajakan musik beragam format dari kaset, CD dan vinyl atau piringan hitam. Menu-menu lain seperti poster, kaus band, buku band, dan lain-lainnya juga jadi buruan bagi fans musik yang datang ke gelaran 2 hari ini. Oiya, di RSD tahun ini ada sekitar 75 toko musik independen yang ambil bagian.

Selama 2 hari, gelaran Record Store Day diramaikan dengan penjualan resmi dari band-band yang merilis rekaman mereka khusus di hari bersejarah ini. Sekitar 50 lebih rilisan digelar di meja official RSD yang penuh dengan antrian sejak hari pertama. Para pecinta rilisan fisik berlomba untuk mendapatkan rilisan dari band favorit mereka, dari mulai kaset, CD, sampai vinyl.

[caption id=“attachment_192272” align=“aligncenter” width=“560”]gambar {source name=“Pasar Santa” url=“foto dok.Aldi Pratama”}[/caption]

Sembari antrian berjalan rapih, di panggung RSD para band bergantian naik turun panggung menampilkan musik, sambil promosi rilisan mereka. Mostly sih band-band dari Jakarta dan sekitarnya, tapi ada juga yang dari Bandung, seperti Heals, Fuzzy, I dan Lizzie.

“Seneng banget bisa main di acara Record Store Day, ” ujar gitaris Aldi dari band indierock asal Bandung, Heals. Selain manggung, mereka juga mempromosikan debut single mereka yang dirilis dalam bentuk kaset di bawah label Fast Foward. Sayangnya, karena dirilis terbatas, gak sampai beberapa lama, kaset ini udah sold out. Gile bener!

[caption id=“attachment_192272” align=“aligncenter” width=“560”]gambar2 {source name=“meriah di RSD” url=“dok.Aldi Pratama”}[/caption]

Selain Heals, beberapa rilisan dari Mocca juga sold out, tak terkecuali Seringai, Straight Answers, Stars and Rabbit, Sajama Cut, Danilla, Indische Party, serta beberapa rilisan lain.

Menu lain yang seru dari RSD Indonesia yang digelar di Jakarta kemarin adalah workshop “Bagaimana menyiapkan turntable yang baik” yang dipersembahkan oleh REGA, sebuah produsen turntable asal UK. Anak muda yang datang menyimak dengan baik sesi workshop ini dimana mereka bisa mendapat ilmu yang benar tentang bagaimana persiapan turtable sangat penting agar menikmati musik dengan format vinyl menjadi lebih puas dan menyenangkan. Satu lagi yang bikin menyenangkan adalah lelang turtable, yang juga dipersembahkan oleh REGA.

Dibandingkan gelaran RSD tahun lalu di Bara Futsal Blok M yang sangat meriah, namun bukan berarti RSD tahun ini juga menurun kemeriahannya. Meski mengambil lokasi yang sederhana, alias konsepnya bukanb bazaar besar yang lapang, namun nyatanya acaranya sendiri juga tak menyurutkan kemeriahaanya.

Sampai jumpa di RSD tahun depan dengan kemeriahannya!

Berikut ini beberapa band yang rilisan Sold Out di RSD 2016

  1. Circarama 2. Danilla
  2. Stars and rabbit
  3. Mocca
  4. Avhath
  5. Fuzzy i
  6. Sajama Cut
  7. Indische Party
  8. Hazel Gazel
  9. Heals
  10. Straight Answers
  11. Seringai
  12. Lizzie
  13. Peonies/Kaveh Kanes
  14. Raksasa
  15. D’Jenks