Kalo lagi musim hujan gini topik yang paling deket adalah tentang banjir. Dan kamu tau gak kalo orang Indonesia punya istilah sendiri lho buat ngejelasin seberapa tinggi debit air di suatu daerah. Penasaran sama istiah yang mereka gunakan? Nih MBDC kasih tau, pasti kamu udah sering denger deh.

1. Genangan ukuranbanjir-01

Genangan. Pernah denger kata itu? Biasanya kata “Genangan” dipake sama orang Indonesia buat ngasih tau kalo ada potensi banjir di suatu daerah. Biasanya kalo masih genangan belum bisa disebut banjir, mungkin lebih pas kalo disebut bakal banjir.

2. Banjir Semata Kaki

ukuranbanjir-02

Ini maksudnya banjirnya gak banjir-banjir amat. Mungkin gak bener-bener pas semata kaki, tapi kira-kira sekitar segitulah ketinggian airnya. Biasanya banjir “Semata kaki” digunakan untuk ngejelasin kondisi banjir gak parah.

3. Banjir Sebetis

ukuranbanjir-07

Kalo intensitas air lebih banyak lagi, dan banjir mulai bikin pusing karena jalanan udah gak keliatan, biasanya sering disebut sama orang Indonesia “Banjir sebetis” artinya banjir udah mulai tinggi tapi kondisi masih bisa terkendali.

4. Banjir Selutut Orang Dewasa

ukuranbanjir-06

Kalo banjir udah “Selutut orang dewasa” itu biasanya banjir udah masuk rumah tuh, cuma di beberapa rumah aja mungkin yang rumahnya belum kemasukan air. Kalo udah gitu, kamu udah harus siap-siap banyak kecoa di rumah kamu.

5. Banjir Sepinggang Orang Dewasa

ukuranbanjir-03

Banjir makin parah dan udah masuk rumah? Kalo kayak gitu biasanya disebut banjir udah “Sepinggang orang dewasa” ini sih udah bikin panik, kamu udah gak bisa ngapa-ngapain di lantai satu rumah kamu.

6. Banjir Sedada Orang Dewasa

ukuranbanjir-04

kalo sepinggang aja udah bikin kamu gak ngapa-ngapain, apalagi “Sedada orang dewasa” eh, tapi kamu udah dewasa belum? Coba liat dadanya, nah iya segitu deh ketinggian airnya. Kayaknya kamu udah gak bisa diem aja di lantai satu deh, ke lantai dua gih, atau kalo gak ada ya terpaksa ke genteng.

7. Banjir Sudah Menutupi Atap Rumah

ukuranbanjir-05

Udah jelas ya, kalo banjir udah “Menutupi atap rumah” artinya tim SAR udah harus dateng, karena kamu udah harus ngungsi. Yakali kamu tetep bertahan di rumah kamu, hati-hati ada kuning-kuning ngambang.

8. Pake Satuan Ukur

[caption id=“attachment_19227224508” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Banjir" url="www.antarajatim.co"} {source name=“Banjir” url=“www.antarajatim.co”}[/caption]

Selain kata-kata di atas, orang Indonesia juga pake satuan ukur kayak centimeter dan meter buat ngukur ketinggian air. Misalnya banjir setinggi 1 meter, atau banjir setinggi 80 centimeter. Tapi biasanya setelah ngasih tau tingginya pake satuan cm atau m, tetep aja sih dijelasin pake patokan kayak poin-poin sebelumnya. Namanya juga orang Indonesia.

Rumah kamu sering kebanjiran gak? Atau kamu punya istilah lain untuk dijadiin patokan ketinggian banjir selain istilah-istilah di atas? Komen yuk di bawah.