Kamu tau kan catapult itu apa? Kalau belum tau, coba deh googling dulu, nanti kalau udah tau baru deh balik lagi baca artikel ini. Eh jangan deh, biar cepet MBDC jelasin aja. Jadi catapult itu sebenernya senjata perang jaman dulu. Fungsinya buat melempar bebatuan atau bola api ke sasaran yang letaknya jauh. Bentuknya kayak gini nih [caption id="" align="alignnone" width="630"] {source name="catapult" url="en.wikipedia.org"} keren ya[/caption] Nah, sekarang MBDC mau ajarin kamu buat bikin catapult, tapi ukuran mini. Lumayan lah buat mainan sore di kantor kala kerjaan udah kelar tapi belom bisa pulang.

1. Siapin Bahan-Bahan

Gak banyak kok bahannya, tapi yang harus dipastiin adalah jumlah pensilnya harus 7 dan karet gelang jumlahnya juga harus banyak

2. Iket Ujung Pensil Pake Karet

Ambil 2 buah pensil, trus iket simpul pake karet di ujung, kayak gambar di atas

3. Iket Lagi di Ujung Satunya

Ambil satu pensil lagi buat diiket di ujung pensil yang belum keiket. Liat gambar di atas

4. Masukin 1 Buah Pensil ke Lubang Binder

Sekarang ambil satu buah pensil lagi dan masukin ke dalam lubang binder. Pelan-pelan yah.

5. Buat Iketan Simpul Bentuk Persegi di Pensil yang Udah Disatuin ke Binder

Nah, pensil yang udah disatukan di poin 3 kamu gabungin sama pensil yang ada bindernya jadi bentuk persegi.

6. Tambah 2 Pensil Lagi, Iket di Ujung Pensil yang Dimasukin Binder

Awas jangan salah iket. Sesuain kayak gambar di atas ya

7. Satukan Pensil dan Sendok Pake Karet

Tinggalkan sejenak pensil-pensil yang terikat di poin 6, karena yang harus kamu lakukan sekarang adalah ambil pensil lagi dan satukan dia dengan sendok plastik. Iket pake karet kayak gambar di atas.

8. Jepit Pensil Sendok di Binder

Udah tinggal dikit lagi nih. Sekarang kamu ambil pensil-pensil di poin 6, lalu jepit pensil sendok di binder.

9. Kaitkan Karet

Langkah terakhirnya: Kamu ambil karet, terus masukan ke ujung binder lalu tarik dan kaitkan ke pensil paling bawah. Biar gampangnya kamu liat gambar aja tuh.
Selesai! Sekarang kamu udah bisa mainin catapult mini kamu. Yuk ambil kertas, gulung-gulung, dan...... lepaskan
via GIPHY