Masih dua tahun lagi sebelum kamu menyaksikan film reboot Spider-Man dengan Tom Holland sebagai pemeran terbaru sang manusia laba-laba. Sebagai salah satu jagoan utama Marvel dan karakter superhero paling terkenal, Spider-Man punya sejarah panjang sejak kehadirannya pertama kali dalam komik Amazing Fantasy #15 pada tahun 1962. Terima kasih banyak kepada Stan Lee dan Steve Ditko yang menciptakan karakter ini, sehingga menjadi inspirasi dan pujaan banyak anak di dunia. Dengan kekuatan besar, maka udah seharusnya punya tanggung jawab besar pula. Oleh karena itu MBDC pun merasa punya tanggung jawab untuk memaparkan secara singkat Spider-Man dari masa ke masa.

Komik The Amazing Spider-Man

Setelah muncul untuk pertama kali di edisi terakhir Amazing Fantasy, Spider-Man pun dibuatkan komik sendiri pada Maret 1963. Volume 1 yang terbentang sebanyak 441 chapter berjalan selama empat dekade dari 1963 hingga November 1998. Gak lama kemudian, Volume 2 dimulai dari Januari 1999 - November 2003. Eh, tapi abis itu bukannya lanjut ke Volume 3, tapi malah balik lagi ke yang pertama dan ceritanya terbit dari Desember 2003 - Februari 2014. Abis itu tepatnya pada Juni 2014 barulah Volume 3 dibuat.

[caption id=“attachment_19227196748” align=“aligncenter” width=“486”]{source name="Komik Amazing Spider-Man pertama" url="www.mycomicshop.com"} {source name=“Komik Amazing Spider-Man pertama” url=“www.mycomicshop.com”}[/caption]

Tapi komik Spider-Man gak cuma yang dijabarkan di atas. Keberadaannya sebagai karakter komik populer bikin banyak artis yang tertarik untuk bikin cerita lain tentangnya. Sejak The Amazing Spider-Man dirilis, komik Spider-Man lain ikutan bermunculan seperti majalah The Spectacular Spider-Man yang terbit dua edisi (Juli & November 1968), seri komik Marvel Team-Up (Maret 1972 - Februari 1985) yang menyandingkan Spider-Man dengan superhero Marvel yang berbeda-beda tiap bulannya, Peter Parker, The Spectacular Spider-Man (Desember 1976 - November 1998) yang terbit sebanyak 263 edisi, Web of Spider-Man (April 1985 - September 1995) sebagai pengganti Marvel Team-Up, seri Spider-Man (Agustus 1990 - November 1998) karya artis Todd McFarlane (sosok yang pertama kali menggambar tokoh super jahat Venom secara utuh), dan masih banyak lagi seri komik Spider-Man yang gak mungkin MBDC sebutin satu per satu di sini.

Serial TV Spider-Man (1967)

[caption id=“attachment_19227196754” align=“aligncenter” width=“700”]{source name="Spider-Man di 60an ada kemungkinan doi hippies" url="www.marvel.com"} {source name=“Spider-Man di 60an ada kemungkinan doi hippies” url=“www.marvel.com”}[/caption]

Inilah kemunculan pertama Spider-Man di layar kaca. Serial animasi televisi yang pada saat itu tayang di channel ABC berlangsung sebanyak 3 season yang terdiri dari 52 episode. Ceritanya satu nafas dengan film Spider-Man arahan Sam Raimi yang dibintangi Tobey Maguire itu lho. Peter Parker remaja yang bekerja lepas sebagai fotografer di Daily Bugle berkostum superhero setelah digigit laba-laba dan berhadapan dengan penjahat seperti Doctor Octopus, Mysterio, dan the Green Goblin.

Serial TV The Amazing Spider-Man (1978)

Pada 1977, film berjudul Spider-Man yang tujuannya sebagai pilot serial televisi The Amazing Spider-Man dirilis. Serial kreasi Alvin Boretz ini tayang pada 1978 dan merupakan serial televisi live-action pertama yang dibuat berdasarkan cerita komik The Amazing Spider-Man. Anehnya, walaupun Stan Lee tercatat sebagai konsultan, tapi dirinya gak suka dan gak puas dengan serial yang tayang selama 2 season (13 episode) ini. Nicholas Hammond (The Sound of Music) berperan sebagai Peter Parker / Spider-Man pada saat itu.

[caption id=“attachment_19227196762” align=“aligncenter” width=“461”]{source name="Spidey 70's" url="www.theamazingspidermansite.com"} {source name=“Spidey 70’s” url=“www.theamazingspidermansite.com”}[/caption]

Spider-Man ini juga laku banget lho di televisi. Tercatat ada beberapa serial animasi Spider-Man yang diproduksi untuk tayang di televisi seperti kartun Spider-Man yang tayang pada 1981. Uniknya di tahun yang sama, ada Spider-Man and His Amazing Friends yang ceritanya lebih ke trio Spider-Man, Iceman, dan Firestar. Beberapa fakta menarik tentang serial televisi Spider-Man:

[caption id=“attachment_19227196802” align=“aligncenter” width=“547”]{source name="Spidey Japan" url="www.marvel.com"} {source name=“Spidey Japan” url=“www.marvel.com”}[/caption]

  • Tahun 1978-1979 Jepang pernah bikin serial televisi live-action Spider-Man yang diproduksi oleh Toei Company dan tayang sebanyak 41 episode.
  • Tahun 1994 Stan Lee dan Steve Ditko bikin lagi serial animasi yang tayang sebanyak 65 episode ampe 1998. Oh ya, yang bikin musik temanya Joe Perry lho, gitarisnya Aerosmith.
  • Tahun 1999 ada lagi nih serial animasi Spider-Man Unlimited, tapi di-cancel setelah cuma beberapa episode. Kenapa? Karena pada saat itu Spidey kalah saing dengan Pokemon dan Digimon.
  • Tahun 2003 MTV pun pernah bikin Spider-Man: The New Animated Series sebagai lanjutan filmnya Sam Raimi yang rilis setahun sebelumnya. Tapi cuma bertahan satu season (13 episode). Yang ngisi suaranya Neil Patrick Harris (belom terkenal) dan Lisa Loeb.

Film Spider-Man (2002, 2004, 2007)

[caption id=“attachment_19227196775” align=“aligncenter” width=“600”]{source name="Tobey Spidey" url="www.flickeringmyth.com"} {source name=“Tobey Spidey” url=“www.flickeringmyth.com”}[/caption]

Tahun 2002 selain demam bola, orang-orang juga pada demam Spider-Man. Penyebabnya adalah kehadiran film layar lebar Spider-Man yang akhirnya muncul setelah percobaan pengembangan selama 25 tahun. Sampai sekarang Tobey Maguire masih identik dengan peran Spider-Man, mau doi meranin apapun sejak itu. Mirip kasusnya Daniel Radcliffe si Harry Potter. Tadinya bakal ada Spider-Man 4, tapi pihak Sony dan sutradara Sam Raimi bersitegang. Raimi cabut deh dan proyeknya batal.

Film The Amazing Spider-Man (2012, 2014)

[caption id=“attachment_19227196777” align=“aligncenter” width=“620”]{source name="Andrew Spidey" url="www.independent.co.uk"} {source name=“Andrew Spidey” url=“www.independent.co.uk”}[/caption]

Ini film Spider-Man yang paling relevan dengan kamu semua karena baru dirilis beberapa tahun terakhir. Kali ini giliran Andrew Garfield yang dapat kesempatan meranin Spider-Man. Film The Amazing Spider-Man pun menuai sukses besar berkat total pemasukan yang menjadikannya film reboot dengan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah box-office. Sekuel keduanya adalah yang terakhir dari Amazing Spider-Man karena bakal ada yang baru dalam rupa Tom Holland.

Spider-Man Hentai

[caption id=“attachment_19227196780” align=“aligncenter” width=“500”]{source name="Hentaaaaiiii" url="www.runt-of-the-web.com"} {source name=“Hentaaaaiiii” url=“www.runt-of-the-web.com”}[/caption]

Ada yang tau Spider-Man Hentai di sini? Doi termasuk sering lho ngasih komentar di MBDC. Viva la hentai!

Ada yang mau nambahin sesuatu perihal sejarah panjang Spider-Man? Langsung aja ke kolom komentar ya.