Kalo kamu tanya bocah-bocah jaman sekarang, pasti mereka lebih hapal nama-nama YouTuber deh daripada nama-nama pemain sinetron. Ya karena tontonan mereka sekarang udah seputar YouTube. Meski keliatannya banyak contoh buruk dan gak mendidik dari vlog, tapi ternyata nonton vlog itu punya banyak faedah buat remaja.

1. Biar bisa tau mana yang baik mana yang buruk

Dengan melihat banyak contoh, maka remaja jadi tau mana yang baik dan mana yang buruk. Tapi tentu bocah kan gak tau ya patokan baik dan buruk itu gimana nentuinnya, makanya harus ada orang tua yang dampingin. Seengaknya orang tua tau deh anaknya lagi nonton apa. Kalo remaja kan taunya yang likesnya banyak, yang subscribenya banyak, yang banyak yang muji, itu yang udah pasti baik. Padahal kan belum tentu. Tapi kalo yang nonton pinter sih pasti tau ya mana yang boleh ditiru mana yang jangan.

2. Belajar public speaking

Lewat vlog juga remaja jadi tau gimana cara berbicara di depan umum. Meski pada kenyataannya sih banyak juga vlogger yang kalo udah harus ngomong di depan orang banyak suka jadi kaku, tapi seenggaknya mereka sering latihan ngomong sendiri. Dan practice makes perfect. Jadi kalo sering latihan, pasti yang tadinya malu-malu juga bisa jadi berani.

3. Belajar percaya diri

Selain itu, ilmu lain yang bisa remaja dapet dari vlog juga bisa belajar percaya diri. Dengan nonton vlog, jadi bisa niru gimana caranya membawa diri, harus gimana kalo lagi ngumpul-ngumpul, dan lain-lainnya. Harusnya sih ilmu percaya diri ini bisa berguna di tahap kehidupan selanjutnya kayak pas lagi interview kerja gitu.

4. Belajar soal angle

Udah gitu kalo nonton vlog, remaja juga jadi tau kalo orang tuh punya angle menarik dan angle biasa aja di mukanya. Jadi kalo selama ini cuma liat di foto doang pasti kan cakep-cakep aja tuh, giliran di vlog kan keliatan tuh semuanya, jadi remaja juga bisa aware kalo orang cakep juga bisa keliatan jelek kalo angle-nya salah. Udah gitu mereka jadi nyari angle bagus mereka deh.

5. Belajar skill lain

Meski kebanyakan vlog itu isinya sumpah serapah, tapi ada juga kok yang isinya bagus dan ada nilainya. Bisa belajar gimana cara pake make up, belajar menata rambut, belajar surprise-in orang, belajar macem-macem deh.

6. Belajar soal YouTube

Dan remaja-remaja sekarang tuh bisa yang dari bangun tidur sampe sore diteriakin disuruh mandi pun gak beranjak dari kasur karena saking asiknya nontonin vlog. Kalo udah tercemplung segitu dalam, harusnya sih jadi penasaran sama industri YouTube-nya. Karena kan nge-upload video ke YouTube itu gak sekedar ngaplot gitu aja kayak ganti profile picture Facebook. Harus tau jamnya yang bagus kapan, harinya, judulnya gimana biar banyak yang klik, bikin thumbnail yang menarik, dan lain sebagainya. Jadi kalo nonton vlog, seenggaknya jadi penasaran juga dan dikit-dikit belajar soal YouTube.

7. Biar gak dikucilin sama temen-temen lain yang nonton vlog juga

Nah yang paling penting sih ini, kenapa penting banget buat remaja nonton vlog, karena kalo gak nonton nanti temen-temen lain yang nonton vlog gak nganggep dia keren dan jadi gak mau temenan lagi sama dia karena gak asik. Gak eksplisit juga sih musuhinnya, palingan lama-lama gak dikasih tau kalo ada ngumpul-ngumpul, tau-tau ada grup baru yang gak ada dianya, ya yang gitu-gitu aja. Tetep aja kesel kalo dijauhin. Makanya penting untuk remaja ikut arus, supaya bisa membaur di pertemanan gitu.

Ya, emang sih kebanyakan vlog itu gitu-gitu aja, konsepnya gak original, ikut-ikutan vlogger luar negeri, atau malah ngulang lagi kegiatan yang udah pernah dilakuin saking bingungnya mau ngapain lagi. Tapi vloggernya mau ngapain aja juga remaja-remaja mah he-eh he-eh aja karena udah suka.