Sepatu Adidas Yeezy lagi heboh banget dan diburu sama pecinta sepatu, dan harganya mahal banget. Kemal Palevi beli sepatu Adidas Yeezy #PirateBlack seharga 14 atau 15 juta rupiah katanya, sedangkan Adidas Yeezy #MoonRock harganya 9 juta rupiah. Kalau kamu bingung kenapa harganya mahal, cek artikel MBDC "Adidas Yeezy Mahal Banget, Bro!"

Picture 1 of 4

Kalau kata Kemal, daripada udah beli mahal-mahal dan pas dipamerin di instagram ketauan palsu dan bikin malu, makanya dia bikin video review sotoy ini! Siapa tau ada yang mau beli Adidas Yeezy, jadi bisa tau nih bedanya Adidas Yeezy KW dan Ori.

1. Pattern

Picture 1 of 2

Coba bedain nih!

Kalo yang asli motifnya diagonal, dan searah, sepatu kanan dan kiri itu motifnya sama-sama  dari kiri ke kanan. Kalo yang palsu kebanyakan motifnya lurus. Ini yang paling gampang buat keliatan dan dikenalin ciri-cirinya. Coba liat motif sepatu temen kamu deh, kalo simetris kayak di cerimin, bisa jadi Yezzy-nya palsu tuh.

2. Made in China

Kemal Palevi dan Jovial Da Lopez yang sama-sama punya sepatu Adidas Yeezy asli ngecek tulisan "Made in" di sepatu mereka, dan tulisannya sama-sama "Made in China". Tapi kalo kata Jovial banyak orang yang ngeluh karena tulisannya ilang karena keseringan dipake.

3. Kaki Kucing

Picture 1 of 2

Ini Sepatu Ori! Coba cari bentuk kaki kucing di pola ini.

Kalo kamu liat bagian bawahnya, ada 7 kaki kucing di bagian sol-nya, kalo KW ada 9 sampai 10 kaki kucing. dan yang KW kaki kucingnya lebih kecil. Emang susah banget sih liatnya, perlu ketelitian dan latian. Coba kamu sering-sering ke Taman Puring.

4. Warna

Di sisi dalem sepatunya, ada bagian yang ada tulisan "YZY", kalau yang ori warnanya lebih gelap dan bahannya kayak suede gitu, kalo KW warnanya lebih putih atau terang, terus kalau diperhatiin bahannya juga kayak kulit-kulit gitu, beda banget sama yang ori.

5. Jumlah Jaitannya

Perhatiin deh bagian belakang sepatunya. Di bagian belakang ada jaitan kotak yang buat pegangan gitu. Di dalem jaitan kotak, jumlah jaitannya beda antara yang ori dan KW. Kalau yang KW ada 8 titik, sedangkan kalau yang ori cuma ada 6 titik. Hmmm, jadi inget mitos topi asli jaman dulu kalo ngitungin jumlah jaitan gini.

6. Sol Dalem

Picture 1 of 2

Warnanya beda ya, kan?!

Di sol dalemnya pasti ada tulisan "Adidas Yeezy" dong, tapi yang ngebedainnya itu warnanya. Kalo yang ori warna tulisannya item, tapi kalau yang KW warna tulisannya abu-abu. Kalo diperhatiin juga warna solnya beda banget, kalau yang ori warnanya putih sedangkan yang KW warnanya kekuning-kuningan.

7. Angka Tersembunyi

Coba kamu copot sol dalem sepatu Adidas Yezzy, kalau sepatunya asli ada angka tersembunyi di sana. Angka 2100121c8595 mungkin kode produksinya kali ya. Kalo di sepatu Adidas Yeezy KW gak ada angka-angkanya.

8. Berat

Susah sih buat ngebedaiinnya, apalagi kalau kamu gak pernah pegang yang asli, jadi kamu gak punya perbandingan berat ori dan KW-nya. Teknologi boost-nya juga gak bisa diboongin kata Jovial.

Setelah kamu tau cara bedainnya, sekarang kalau kamu mau bikin yang KW tau dong gimana caranya biar dikira asli. Eh, salah! Maksudnya kamu jadi bisa bedain dong mana yang KW dan asli, kamu gak akan ketipu dan malu-maluin udah beli sepatu mahal tapi ternyata palsu!

Lagian MBDC percaya kamu gak mungkin dengan sengaja beli barang yang palsu atau KW dengan tujuan cuma buat naikin status kekerenan kamu! Kalo ada langkah lain yang MBDC belum tulis, coba komentar di bawah ini ya. Jangan lupa sebarkan artikel ini ke orang-orang yang membutuhkan.