Udah siap menyambut Record Store Day 2016?

Yes, bagi yang belum tahu ini adalah sebuah event keren dan gede yang bakal digelar tanggal 16-17 April besok. Ratusan toko musik, dari vinyl, CD dan kaset, tak kecuali juga musisi, fans musik bakal ngumpul ngerayain perhelatan akbar ini.

Apa sih sebetulnya Record Store Day itu?

Ini adalah event reguler internasional yang udah digelar sejak tahun 2007. Diadaiinya emang selalu di Sabtu minggu ketiga April. Ini lah hari yang sengaja dibuat untuk merayakan budaya toko musik independen. Lewat hari ini, semua fans, musisi, dan beribu-ribu toko musik independen tumprek brek di seluruh dunia untuk merayakannya.

Di hari ini juga, beberapa band merilis rekamannya khusus untuk event ini. Canggih kan?

Nah di Indonesia, gelaran Record Store Day bakal digelar serentak 16-17 April tahun ini. Beberapa kota di Indonesia dari mulai Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, Semarang, sampai Bali merayakan event ini. Di pulau Sumatera, beberapa kota dari Pekanbaru, Medan, Padang, dan Batam juga merayakan. Di Kalimantan, beberapa kota di Banjarmasin, Samarinda turut ikut dalam perayaan ini. Sementara di Sulawesi, untuk sementara Palu adalah kota perwakilan yang merayakan perhetalan Record Store Day.

RSD Jakarta via dok. RSDI

pada dateng ya

Khusus di Jakarta, tuan rumah perhelatan Record Store Day di Indonesia tahun ini bakal digelar di Pasar Santa, Kebayoran Bayu. Puluhan mungkin ratusan toko/kios musik independen berkumpul di sana untuk menjual rilisan fisiknya, dari mulai vinyl, kaset dan CD. Yang seru lagi ada kurang lebih 48 rilisan fisik khusus dijual hanya hari itu. Terhitung beberapa nama diantaranya adalah vinyl Axis Mundi-nya Polka Wars, Danilla, dan masih banyak lagi. Selain itu, bakal ada puluhan musisi yang meramaikan perhelatan dua hari ini, dari  Stars & Rabbit, Sisitipsi, The Silent Love, Kaveh Kanes, Jimmy the Bandit, D'Jenks, Avhath, dan lain sebagainya.

Meriah kan? Nah, buat yang mau beli CD, kaset atau vinyl, menabung dari sekarang dan siap-siap mengantri ya.

Berikut kemeriahan Record Store Day tahun kemarin,