Sebentar lagi kamu yang pengen ngelanjutin pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi alias berkuliah bakal ngadepin yang namanya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini adalah jalur ujian tertulis yang harus kamu tempuh kalo mau lulus di kampus negeri. Namanya ujian pasti ada cara menghadapinya dong. Coba deh intip tips lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri dari MBDC di bawah.

Belajar

{source name="Belajar ampe Keras" url="sweda.org.uk"}

Belajar ampe Keras via sweda.org.uk

Tanpa belajar kamu bakal kesulitan menghadapi berbagai persoalan di atas kertas yang ada di hadapanmu. Karena yakinlah jawaban yang muncul di kepalamu adalah hasil dari belajar selama ini. Berlatih ngerjain soal-soal lama dan ikut try-out adalah langkah lain yang sebaiknya ditempuh untuk melatih mental. Belajar bareng-bareng juga perlu. Pokoknya gak ada kelulusan tanpa kerja keras.

Fokus

{source name="Fokus! Fokus!" url="toddspain.wordpress.com"}

Fokus! Fokus! via toddspain.wordpress.com

Pikiran kamu harus segar bugar pas lagi ngerjain soal. Jangan dulu deh kepikiran cucian di rumah, serial yang kelanjutannya masih belom tau apa, atau pacar kamu yang lagi ngambek. Jangan pernah. Fokus itu penting. Kalo pengen lulus, sebaiknya fokus aja nyari jawaban atas pertanyaan yang bakal nentuin jalan idup kamu beberapa tahun ke depan.

Kurangi Jawaban yang Salah, Perbanyak Jawaban yang Benar

Biasanya sih yang gak lulus ujian masuk perguruan tinggi adalah yang jawabannya di bawah rata-rata alias lebih banyak yang salah daripada yang bener. Makanya kamu harus berlatih ngejawab soal dengan benar lewat apalagi selain belajar yang tekun.

Berdoa

Sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Yakinlah kamu akan ditolong oleh Yang Kuasa. Kan peserta ujian yang lain juga berdoa? Di sini pembuktian iman siapa yang lebih kuat. Bagi yang gak punya kepercayaan poin ini boleh dilewatkan.

Pintar Berteman

{source name="Nyari temen bukan berarti nongkrong" url="freshpatrol.com"}

Nyari temen bukan berarti nongkrong via freshpatrol.com

Ada kalanya otak ini mampet di waktu yang gak terduga. Contohnya pas lagi ujian. Di saat seperti inilah kamu bantuan siapa lagi kalo bukan temen. Masa sih kamu minta bantuan pengawas? Pengawas gak selalu bisa diandalkan alias kalo kamu menempuh jalan itu sama dengan bunuh diri. Jadi pinter-pinterlah nyari temen, yang pinter juga, atau yang punya kemampuan lebih dalam satu mata pelajaran. Kalo yang kemampuannya sama aja kayak kamu mah ntar aja diajak nongkrong abis ujian.

Pilih Jurusan yang Gak Banyak Peminatnya

{source name="Sepiii" url="time.com"}

Sepiii via time.com

Kamu pengen banget lulus ujian masuk perguruan tinggi. Hidupmu berakhir jika gak bisa merengkuhnya. Selain poin-poin yang udah disebutin, kamu gak tau lagi harus gimana. Pokoknya harus kuliah, dimanapun tempatnya, apapun jurusannya. Asalkan berkuliah. Mudah aja. Jangan milih jurusan atau kampus yang sulit dimasuki. Masuk aja sulit, apalagi keluar. Pilih yang gampang-gampang aja, niscaya jalannya dimudahkan.

Jangan Lupa Tulis Nama dan Serahkan Lembar Jawaban

Semua yang kamu lakukan bakal sia-sia kalo pada akhirnya kamu lupa mencantumkan nama, nomor ujian, dan segala data dengan benar. Kamu pun harus menjaga lembar jawaban dengan baik, jaga dengan seluruh ragamu. Jangan ketumpahan air. Jangan sobek. Akhirnya kamu pun harus nyerahin lembar jawaban ke panitia ujian. Soalnya kalo kamu main nyelonong aja ke luar ruangan dan ngebawa tuh lembar, kamu gak akan lulus.

Demikian sejumlah tips lulus ujian masuk perguruan tinggi dari MBDC. Semoga berguna ya. Kalo ada yang mau nambahin boleh lho di bawah.

Sumber Foto